Google PageRank dan Alexa Traffic Rank

Untuk menilai popularitas sebuah situs bisa dilihat melalui 2 indikator. Yang pertama adalah Google PageRank dan yang kedua adalah Alexa Traffic Rank. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda dalam menilai popularitas sebuah situs. Sebelum berbicara mengenai perbedaan mendasar antara Google PageRank dan Alexa traffic rank mari kita liat pengertiaan google PageRank dan pengertian alexa traffic rank.

Definisi Google PageRank adalah sebuah penilaian atau pemeringkatan popularitas suatu website yang dikeluarkan oleh Google terhadap situs berdasarkan alogaritama tertentu. Hanya Google yang tau pasti alogaritma yang digunakan untuk penilaian page rank. Range penilaian antara 0-10. Semakin besar nilainya berarti di mata Google, situs itu semakin populer. PageRank 10 biasanya dimiliki website seperti Google ataupun Yahoo. Begitu juga sebaliknya semakin kecil nilai page rank (page rank 0), di mata Google website itu kurang populer. Sebenarnya seberapa penting page rank bagi sebuah situs? Bagi situs yang money oriented atau situs untuk monetizing, website untuk berburu dolar, mempunyai PageRank yang bagus adalah keharusan. Karena, kebanyakan broker ataupun advertiser meminta syarat page range yang bagus untuk menampilkan iklan ataupun review mereka.

Sedangkan definisi Alexa Traffic Rank adalah pemeringkatan popularitas situs berdasarkan traffic situs tersebut yang dikeluarkan oleh Alexa. Berbeda dengan Google PageRank, semakin kecil nilai alexa rank maka situs itu lebih populer. Range nilainya dari 1 sampai jutaan. Untuk mengetahui berapa nilai Alexa rank dapat diketahui dari Alexa.Com.

No comments:
Write Comments