Membangun Backlink


Benarkah Backlink itu begitu penting agar kita sukses di dunia maya?
  • Pertama: Link sangat penting karena agar situs kita terjaring oleh robot dan akhirnya terindex di Search Engines. Selanjutnya tugas mereka adalah menentukan rangking sesuai dengan terms (kategori) situs atau blog.
  • Kedua: Link akan memperkokoh relevansi halaman blog kita. Dengan memperbanyak link dengan situs lain yang relevan berarti kita mempermudah halaman situs kita ditemukan oleh Google yang kemudian akan di-indeks dan di rangking. Jadi setiap Google melakukan inspeksi ke situs Tukar Link misalnya, maka ia akan menemukan link kita di sana. Akhirnya situs kita dianggap ngetop dan ditempatkan di rangking yang tinggi untuk terms (kategori) tertentu.

Untuk mengetahui lebih jauh, kita perlu mengetahui juga dua konsep penting yaitu Link Popularity dan Link Reputation.
Link Popularity menekankan pada berapa banyak link berkualitas yang menuju suatu blog atau web.
Link Reputation menekankan pada keywords apa saja yang dipakai dalam anchor text. Apakah ada relevansinya satu sama lain? Kalau saya boleh memberi istilah yaitu variasi kata kunci yang berkaitan. Variasi keywords berkaitan tersebut penting karena setiap pengunjung tidak selalu menggunakan kata yang sama sebagai keywords untuk mencari informasi lewat Search Engines. Misalnya: A menggunakan kata Situs Tukar Link sebagai keywords untuk mencari informasi Tukar Link. B menggunakan istilah Web Link untuk mencari informasi yang sama. Jadi informasi Tukar Link mempunyai variasi beberapa keywords seperti: situs tukar link dan web link. Jika sudah optimal, mau pakai keyword Situs Tukar Link atau Web Link, maka situs kita akan tetap nangkring di urutan atas (setidaknya halaman pertama) Google. Hebatkan?

Oleh karena itu kedua konsep itulah yang harus diperjuangkan? Pertama adalah mendapatkan sebanyak mungkin link berkualitas dan kedua adalah membangun banyak variasi kata kunci yang relevan untuk situs kita.

Nah, pertanyaan berikutnya yang muncul, bagaimana caranya untuk mempunyai backlink? Selain melakukan Tukar Link, tidak ada salahnya kita menuliskan sebuah artikel dan memberikan komentar pada Forum, artikel dari salah satu situs, terutama yang DoFollow supaya dianggap backlink.

Lalu apakah berarti kita harus mengecek satu per satu status situs yang akan kita beri komentar? mungkin iya. Tapi bila ingin menggunakan strategi lain, bisa menggunakan BacklinkWatch. Situs itu berfungsi untuk menghitung backlink dari sebuah URL dan menampilkan situs-situs dimana URL tersebut muncul sebagai backlink.


No comments:
Write Comments